Penyedia Berbagai Macam Obat Herbal

TOKO HERBAL JAKARTA. Powered by Blogger.

Beberapa Manfaat Daun Pepaya



Siapa yang tak mengenal tanaman ini (papaya) ,hamper setiap pekarangan rumah ada tanaman papaya ini.Masyarakat biasanya memanfaatkan daun papaya sebagai lalapan untuk makan dan buah nya di santap sebagai cuci mulut.Yang kita ketahui buah papaya lah yang memiliki manfaat seperti melancarkan buang air besar dan sebagai obat alternative sembelit dan ambeien namun tak disangka ternyata daun papaya ini lah yang lebih banyak manfaat nya padahal banyak orang lebih sering memakan buah nya di banding daun.Dengan itu mari lah kita suka mengkonsumsi baik buah nya ataupun daun papaya.
Kandungan Gizi
Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam diantaranya vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram.[2] Daun pepaya juga mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing.[2] Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan.[3]
Cara mendapatkan manfaat pengobatan daun pepaya
1.      Cara untuk mengolah daun pepaya untuk digunakan dalam pengobatan yang paling efektif adalah diekstrak atau dijus.  Baru-baru ini dikatakan bahwa ekstrak daun pepaya telah terkenal karena sifat obat dan, dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit,  seperti demam berdarah dan beberapa jenis kanker .
2.      Sekarang sudah tersedia kapsul ekstrak daun papaya memudahkan kita dalam mengkonsumsi dan lebih higienis sehingga manfaatnya pun lebih banyak yang kita dapatkan
Cara Membuat jus/ ekstrak Daun Pepaya
Ambil beberapa lembar daun pepaya, kemudian dicuci lalu dikeringkan setengah kering (layu). Potong-potong dan rendam dengan air sekitar 2 liter air didalam panci.
Rebus air dan daun pepaya, dan didihkan tanpa ditutup sampai air rebusan berkurang setengah nya.
Sekarang saring cairan, dan simpan ke dalam wadah botol. Bisa juga didinginkan dan disimpan selama 3 sampai 4 hari. Namun jus daun pepaya segar masih lebih baik .
Atau bisa juga jus dibuat dengan cara menghancurkan daun pepaya dengan diblender dengan air matang. Kemudian saring untuk menghilangkan ampas daunnya.
Catatan: Jika untuk diminum, jus daun pepaya ini bisa dikombinasikan dengan jus buah, karena jus daun pepaya ini cukup pahit rasanya.
Khasiat daun Pepaya
Menyembuhkan demam berdarah
Jus daun Pepaya adalah obat tradisional yang dapat menyembuhkan demam berdarah tanpa efek samping. Penelitian ilmiah dan beberapa studi telah menunjukkan bahwa,  jus daun pepaya mengandung enzim papain dan chymopapin yang dapat meningkatkan trombosit . Gejala demam berdarah adalah menurunnya tingkat trombosit secara drastis dalam darah, sehingga jus daun pepaya akan membantu untuk meningkatkannya kembali. Perusahaan farmasi juga sudah menggunakan ekstrak daun pepaya dalam bentuk kapsul dan formula cair. Para dokter juga merekomendasikan bagi penderita agar minum 20 sampai 25 ml jus ini, sebanyak  dua kali sehari selama seminggu agar cepat memperoleh hasil.
Malaria
Daun pepaya juga telah ditemukan memiliki sifat anti malaria. Dengan demikian, jus daun pepaya juga sering digunakan di beberapa belahan dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.
Antikanker
Sifat anti kanker terbesar dari pepaya terkonsentrasi pada ekstrak daunnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology , jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker, seperti kanker leher rahim, kanker payud*ra, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh. Dengan demikian, ekstrak daun pepaya juga sering direkomendasikan dibeberapa negara sebagai bagian dari kemoterapi . Dengan mengatur sel- T, ekstrak daun pepaya akan meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh terhadap kanker.
Menghambat mikroorganisme penyebab tifus
Jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif,  termasuk senyawa karpain yang dapat menghambat mikroorganisme seperti jamur , cacing, parasit , bakteri serta berbagai bentuk sel kanker. Hal ini sering digunakan dalam obat-obatan herbal untuk menghilangkan cacing usus,  karena juga mengandung tanin yang dapat melindungi usus dari infeksi pada lapisan dinding usus. Dengan cara ini cacing tidak akan dapat bertahan didalam usus kita, yang secara efektif juga menekan penyebab tifus .
Melawan virus
Manfaat lain yang tak kalah menakjubkan dari jus daun pepaya adalah kemampuannya untuk melawan infeksi virus seperti virus flu pada umumnya. Ini adalah cara alami untuk meregenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan berkhasiat, termasuk vitamin A , C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.
Membantu membakar lemak
Ingin bebas dari lemak dan memiliki tubuh sehat dan langsing?,,, Jus  daun pepaya yang direbus dengan irisan buah jeruk dapat membantu untuk membakar lemak. tentunya tak hanya dengan minum jus berkhasiat ini, Anda juga perlu olahraga untuk membakar kalori dan lemak yang menumpuk.
Nyeri Haid
Nyeri selam haid adalah hal yang umum dialami. Anda tak perlu repot untuk menangani masalah haid. Jus daun Pepaya efektif untuk mengurangi rasa nyeri haid. Untuk tujuan ini , ambil 1 lembar daun pepaya, tambahkan campuran asam dan garam kedalam segelas air dan didihkan . Minum ramuan ini setelah dalam keadaan dingin.
Kesehatan kulit
Bukan hanya berkhasiat dalam hal menyembuhkan penyakit, jus daun pepaya juga sangat bagus untuk perawatan kulit. Anda bisa menambahkan jus pepaya sebagai bagian dari produk perawatan kulit dan wajah agar sehat dan bercahaya. Selain buah pepaya, jus daun pepaya bermanfaat bagi kulit dengan cara berikut .
  • Jus daun Pepaya memiliki kandungan tinggi vitamin A dan C, jika  dibandingkan dengan buah lain yang juga  dapat meningkatkan kesehatan kulit .
  • Dapat Bertindak sebagai agen pembersih kulit. Hal ini bisa dikaitkan dengan adanya senyawa karpain yang dapat menghambat mikroorganisme dan toksin, sehingga akan memberikan kulit yang cerah untuk Anda. Selain itu juga akan memberikan perlindungan terhadap masalah kulit lain seperti jerawat, bintik-bintik dan noda hitam.
  • Efektif dalam membantu mengobati eksim. Anda dapat menerapkan jus pada daerah yang terkena penyakit ini setelah dibersihkan .
  • Jus daun pepaya segar membantu penyembuhan luka .
  • Geta dari ujung daun pepaya dapat melembutkan kulit yang mengeras atau jagung / kutil di kaki.
Menyehatkan rambut
Karena banyaknya vitamin , mineral dan enzim dalam ekstrak daun pepaya, seringkali ia juga digunakan dalam beberapa formula perawatan rambut, seperti shampoo dan kondisioner. Hal ini untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, memperkuat batang rambut dan mencegah masalah seperti botak, rambut rontok , ketombe dll. Jus daun Pepaya memiliki beberapa manfaat sebagai berikut untuk rambut:
  • Jus daun pepaya sering digunakan oleh salon untuk perawatan rambut. Ketika digunakan sebagai kondisioner bersama dengan bahan lain(seperti santan dan madu), maka akan membuat rambut kusam menjadi berkilau. Hal ini termasuk memulihkan rambut yang mati dan melembutkan rambut yang kasar dan sulit diatur .
  • Ekstrak daun pepaya terutama juga digunakan sebagai bahan untuk shampoo anti ketombe, yang bertujuan untuk mengontrol dan mencegah ketombe. Hal ini karena adanya senyawa karpain , yang ia efektif untuk menghilangkan kotoran dan minyak, serta kimia pada rambut tanpa efek samping.
  • Batu Ginjal, caranya beberapa lembar daun pepaya dicuci bersih lalu direbus, kemudian air rebusan tersebut diminum dan diakhiri dengan meminum air kelapa muda (namun, bagi yang mengidap hipertensi tidak diperkenankan menggunakan metode ini).[2]
  • Malnutrisi (gejala kekurangan gizi pada balita), caranya daun pepaya ditumbuk bersama daun dadap serep, dan kapur sirih kemudian dipergunakan sebagai bedak dan dioleskan pada perut si penderita.[2]
  • Sakit perut pada waktu haid, caranya 1 lembar daun pepaya ditumbuk bersama dengan buah asam dan garam lalu ditambahkan air masak, campuran tersebut kemudian diperas, disaring dan diminum pada saat haid.[2]
  • Disentri, caranya 2 lembar daun pepaya direbus dalam 1 liter air bersama dengan 1 sendok teh bubuk kopi, lalu disaring dan diminum satu cangkir per hari.[2]
  • Diare, caranya daun pepaya direbus bersama dengan minyak kelapa, lalu daun pepaya yang layu tersebut ditempelkan pada perut penderita.[2]
  • Membasmi cacing perut, caranya daun pepaya direbus dalam 2 gelas air bersama dengan adas pulowaras sampai mendidih, lalu air rebusan tersebut disaring dan diminum setiap malam sebelum tidur.[2]
  • Mengatasi keputihan, caranya 1 daun pepaya yang telah dicuci bersih direbus dalam 1,5 liter air bersama 50 gram akar alang-alang dan pulasari, kemudian air rebusan tersebut disaring dan diminum setiap hari satu kali.[4]
  • Mengatasi jerawat, caranya 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua dijemur kemudian dihaluskan dan ditambahkan air kemudian sari daun pepaya tersebut dioleskan pada bagian yang berjerawat.[4]
  • Mengatasi noda hitam di wajah, caranya daun pepaya dihaluskan dengan cara ditumbuk ataupun diblender dan ditambah air, kemudian air sari daun pepaya tersebut dicampurkan dengan masker dan dioleskan pada wajah, setelah 15 menit wajah dibasuh dengan air hangat sampai bersih.[4]

Perhatian
Meskipun jus daun pepaya sangat berkhasiat dan memberikan bermanfaat bagi kesehatan , namun harus dihindari oleh wanita hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Selain itu, jus ekstrak ini tidak boleh dikonsumsi bersama dengan stimulator tiroid atau Co – enzim Q10.

Untuk pemesanan kapsul ekstrak daun pepaya :
Hubungi 083806993285
www.toko-herbalisku.com
0 Komentar untuk "Beberapa Manfaat Daun Pepaya"

Back To Top